lisensi disini
Wajib!!! Yang Harus Di Lakukan Saat Bulan Ramadhan|Mamputech

Iklan Billboard 970x250

Free Download Blogger Template High CTR AdSense

Wajib!!! Yang Harus Di Lakukan Saat Bulan Ramadhan|Mamputech

Assalamualaikum wr.wb

Mamputech-Amalan-amalan yang bisa dilakukan pada bulan suci ramadhan.

Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi umat islam karena pada bulan ramadhan berbagai hal bisa menjadi pahala, dan berlipat pula pahala yang di dapatkan ketika di kerjakan saat bulan ramadhan.

Maka dari itu sebagai umat islam yang baik seharusnya di bulan ramadhan harus memperbanyak amalan-amalan yang bisa menambah pahala. Jadi jangan sia-siakan bulan ramadhan dengan melakukan hal yang kurang bermanfaat(biasanya tidur), karena kita tidak tau umur itu kita apakah bisa sampai pada ramadhan yang berikutnya.

Sesungguhnya tidur itu juga sebuah amalan ketika bulan ramadhan, tapi tidur itu hanya sebuah perumpamaan yang paling rendah dari sebuah amalan di bulan ramadhan, jadi tidur saja mendapat pahala apalagi jika melakun sunnah-sunnah nya kanjeng Nabi Muhammad SAW tentunya akan mendapat pahala yang lebih banyak bukan?


Allah SWT berfirman "Hai orang-orang yang beriman, di wajibkan atas kamu untuk berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa."[QS.Al-Baqoroh(2):182]


Sudah di jelaskan bahwasanya di dalam Al-Qur'an Allah SWT telah memerintahkan kita semua untuk berpuasa di bulan suci ramadhan. Maka sudah selayaknya kita melaksanakannya, adapun hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menambah amalan kita di bulan suci ramadhan banyak sekali macamnya.

bulan suci ramadhan
Amalan bulan ramadhan

Beberapa amalan yang bisa dilakukan di bulan ramadhan yakni:

1. Berpuasa

Ya pastinya harus berpuasa bukan :)

2. Membaca Al-Qur'an

Kenapa? Karena Al-Qur`an pertama kali di turunkan pada bulan suci ramadhan, karena juga Kanjeng Nabi Muhammad ketika bulan suci ramadhan lebih sering membaca Al-Qur'an.

3. I'tikaf

Kenapa? Karena i'tikaf ini salah satu amalan yang paling di sukai oleh Kanjeng Nabi Muhammad ketika bulan ramadhan selain maembaca Al-Qur'an.

4. Berdzikir(istigfar meminta ampunan)

Kenapa? Ya karena di bulan suci ramadhan Allah SWT telah membuka pintu ampunan selebar-lebarnya bagi hambanya, maka dari  itu manfaatkanlah bulan suci ramadhan untuk banyak berdzikir(istigfar) agar di berikan ampunan oleh Allah SWT.

5. Shodaqoh

Kenapa? Karena bershodaqoh merupakan salah satu amaliyah yang di tekankan pada bulan ramadhan bagi  orang muslim yang mampu untuk melaksanakannya. Karena  juga, Kanjeng Nabi Muhammad SAW termasuk seseorang orang yang dermawan di bulan suci ramadhan.

6. Mencari Malam Lailatul Qodar

Kanjeng Nabi Muhammad SAW selalu mencari keberadaan malam lailatul qodar dengan cara memerintah kepada para sahabat untuk selalu menantikan nya pada tiap bulan ramadhan tiba. Malam Lailatur Qodar terletak pada sepuluh hari terakhir pada malam bulan ramadhan, tepatnya pada tanggal ganjil. Maka perbanyak lah amalan baik kalian ketika malam sepiluh hari terakhir bulan ramadhan(seharusnya setiap hari juga harus memperbanyak).

Jadi itu tadi baru sebagian saja amalan yang sebaiknya di lakukan pada bulan suci ramadhan.

Hikmah dari menjalani puasa ramadhan dan menjalani sunnah-sunnah nya Kanjeng Nabi Muhammad yakni menjadikan kemuliaan tersendiri bagi yang menjalaninya ketika datangnya hari kiamat. Jangankan amalan ibadah nya, bahkan bau mulut orang yang berpuasa pun menjadi tanda kemuliaan di akhirat nanti.
   
Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk orang banyak, dan apabila ada kasalahan dalam penulisan atau hal apapun mohon kiranya untuk mau membenarkan dengan cara berkomentar.


Wassalamualaikum wr.wb
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar